Cari Posting Lainnya

Memuat...

Minggu, 12 Juni 2011

Anniversary Cake mini

Banyak sekali yang suka sama Medovik yang kemarin disajikan di seminar di kampus UI. Seneng deh, ternyata responnya bagus banget. Semua yang makan bilang enak, mungkin karena rasanya unik dan wanginya juga sedap.

Puji Tuhan ada 3 orang yang pesan untuk dijadikan Anniversary Cake. Dan seminggu sesudahnya ada 1 lagi yang pesan untuk konsumsi pribadi.. hehehe.


Tadinya mau pesan Cheese cake, tapi mungkin karena si Medovik lebih menarik, jadilah dia memesan Medovik dan karena disesuaikan dengan budget mahasiswa, Medoviknya disulap jadi mini.
Harga Medovik mini ini hanya Rp.50.000,- memang sih ukurannya kecil, tapi menurut saya pas banget untuk dinikmati berdua bahkan bertiga karena komposisinya yang agak padat dan "full cream". Untuk porsi besar, diameter 26 cm, bisa dinikmati 8-10 orang, harganya hanya Rp.150.000,-.


Hehehe.. bisa jadi alternatif lain untuk event istimewa lho, imut dan manis banget penampilannya. Moga-moga pemesan kemarin bisa langgeng terus ya.. supaya taun depan pesan lagi Medoviknya :D
Untuk yang tertarik, silakan hubungi saya di eggknocking@gmail.com atau ke FB : EggknockCookieAndCake.

Pizza Roti

Ini nih resep yang gampang dan sering banget dipraktekin. Saking seringnya, kadang topping olesannya cuma pake saos tomat plus saos sambel trus dikasih keju parut. Kalau lagi ada bawang bombay, tambahin beberapa helai bawang bombay dan dikasih taburan oregano. Sarapan deh!


Karena emang berniat ngurangin makanan olahan, jadi menurut saya sih topping yang sederhana begitu udah enak. Lagipula, lama-lama jadi nggak doyan sama sosis dkk, berasanya kok artificial banget.. hehehe.


Kayaknya si Pizza Roti ini cukup fleksibel deh, topping-nya mungkin bisa dikreasikan pakai yang lain-lain sesuai selera. Kalo saya sih, cukup parutan keju dan saus tomat.. hmmm.



PIZZA ROTI ala Om Bara Pattiradjawane



Bahan (bisa untuk 2 orang) :
2 lembar roti tawar (aslinya dipotong kulit pinggirnya)
1 sdm mentega / margarin
2 sdm saus tomat botolan (boleh dicampur saos sambel, ato mayonaise)
1/2 buah bawang bombay uk. sedang, iris-iris. (bisa diskip kalau nggak suka)
3 buah sosis, iris tipis
4 lembar keju, iris tipis (bisa diganti pakai keju cheddar parut)
sedikit merica hitam
oregano untuk taburan (bisa diskip)


Method :
1. Buat dulu cagaknya : Ambil selembar aluminium foil, lipat jadi 3 bagian. Lalu lipat seperti alas obat nyamuk bakar (seperti kipas) kurang lebih selebar 1.5 cm. Foil ini nanti dipakai untuk alas pada saat memanggang roti supaya nggak cepat gosong.
2. Olesi roti dengan mentega, tipis aja.
3. Oleskan saus tomat, saus sambal dan juga mayonaise (kalau pakai). Banyaknya saus tergantung selera.
4. Olesi wajan dengan sedikit minyak (pakai teflon lebih bagus), letakkan cagak dan susun roti di atasnya.
5. Susun sosis, bawang bombay dan keju di atas roti, taburi dengan merica hitam dan oregano (kalau pakai). Nyalakan kompor pada api paling kecil dan panggang roti sampai keju meleleh (kemarin wajannya saya tutup supaya panasnya merata). Hati-hati gosong ya, panggangnya sebentar aja.

Spaghetti Bolognaise Om Bara

Bosan makan nasi, kebetulan suami rikues Spaghetti. Tapi dia nggak suka Spaghetti Carbonara, dan memang udah lama juga dia ngidam Spaghetti Bolognaise. Yah, boleh deh akhirnya dibuatin. Malesnya kalo bikin Spaghetti Bolognaise itu masaknya agak lama.. hehehe tapi karena kebetulan lagi mood dan udah lama juga nggak bikin, jadi hayuk deh.


Seperti biasa, resep yang jadi andalan itu resep Spaghetti Bolognaise yang didapat dari bukunya Om Bara Pattiradjawane. Dulu pas masih cupu, pernah beli bukunya soalnya dilihat-lihat resepnya gampang. Judulnya aja Masakan buat Anak Kos. Resepnya juga rata-rata cuma untuk konsumsi 2 orang. Passss banget buat daku yang masih berduaan.

Bukunya Om Bara yang jarang dipraktekin.
Ada 2 resep yang seriiing banget dipraktekin kalo di rumah, Pizza Roti dan Spaghetti Bolognaise. Sisanya belum pernah.. hehehe. Dulu juga niat banget pengen nyobain Chai-nya, tapi gak dikerja-kerjain. Padahal Kapulaganya udah disiapin. Payah deh.


Spaghetti Bolognaise versi Bara, menurut saya lumayan enak. Seringnya daging cincang diganti pake corned beef. Soale disini jarang nemu daging sapi. Walhasil rasanya jadi gurih (corned beef kan mengandung MSG kalo gak salah ya). Sepertinya sih enakan pakai daging sapi asli, dan kalau saya tomat / saos tomatnya dibanyakin soalnya doyan. Hehehe..

Sebenarnya bahannya gampang, buatnya juga nggak susah. Hanya harus agak di-planning soale proses masaknya agak lama. Saus bolognaisenya harus dimasak selama 2 jam supaya enak dan medok. Nah, salahnya saya.. (dan salah satu kekurangan si buku resep) adalah, selalu lupa dan spaghettinya selalu dimasak duluan. Halah.. ini fatal banget lho, nanti keburu saus Bolognaisenya jadi, si spaghetti udah keburu dingin dan jadi kayak karet... hiks. Sayang kan udah lama-lama masak tapi hasilnya nggak maksimal?

Kata Om Bara, aslinya Spaghetti Bolognaise nggak boleh pakai saos tomat. Hehehe yang ini mah jadi-jadian kali yaa.

SPAGHETTI BOLOGNAISE ala Om Bara Pattiradjawane
ATTENTION : Spaghettinya dimasak belakangan aja!



Bahan (untuk 2 porsi besar) :
Kurang lebih 1 genggam pasta spaghetti (saya pakai 250 gr)
1/2 buah bawang bombay yang kecil, kupas dan cacah halus.
1 siung bawang putih, kupas dan cacah halus.
1 buah wortel uk. kecil, kupas dan parut.
250 gr daging sapi giling (saya pakai 1 kaleng corned beef 198 gr)
2 buah tomat, cacah halus. (saya pakai 4 buah tomat uk. sedang dipotong dadu kecil)
1/2 kotak jamur champignon, iris tipis. (saya pakai 1/2 kaleng jamur kalengan)
2 sdm mentega untuk menumis
2 sdm minyak untuk menumis
200 ml air + 2 blok kaldu, dilarutkan. (saya pakai kaldu jamur, kurleb 1 sdm)
6 sdm saus tomat (saya dikurangi sedikit)
garam dan gula secukupnya

Method :
1. Panaskan minyak dan mentega dalam wajan, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu, tapi jangan sampai berubah jadi kecoklatan.
2. Tambahkan parutan wortel dan jamur, masak terus selama 2-3 menit sampai layu.
3. Masukkan daging giling, masak terus sambil menghancurkan daging dengan sutil agar daging tidak menggumpal dan masak 3-4 menit lagi.
4. Tuang tomat cacah, saos tomat dan larutan kaldu. Bumbui dengan garam dan merica, aduk rata dan cicipi agar rasanya enak dan pas di lidah. Masak di atas api sangat kecil sambil diaduk-aduk sesekali (kalau nggak nanti bagian bawahnya gosong) selama 1 jam (lebih baik lagi kalau 2 jam) hingga semua bumbu meresap dan saus mengental.
5. Kalau sudah, matikan api dan siapkan spaghetti sesuai dengan petunjuk di kemasannya.

Hihihi, bisa dimarahin nih sama orang Italiano, masak spaghetti pake wajan :D