Burnt-by-Pot Miso Soup, OSEN style

Hwaaa.. udah lama banget nggak update blog. Terlalu idealis, maunya update dengan cerita yang wah, tapi akhirnya malah nggak selesai-selesai artikelnya, hehehe..

Untuk menebus dosa, saya mau share resep yang unik banget. Ini hasil dari nonton drama Jepang, OSEN. Osen ini banyak bercerita soal budaya Jepang dan cara masak Jepang tradisional, seneng banget lah nonton dramanya. Nah, di episode 2 temanya tentang miso, pasta kedelai yang difermentasi.


Saya sih suka banget dengan miso, dan membuat sup miso itu ternyata ada tekniknya juga lho. Nggak bisa sembarangan cemplung, karena nanti aroma misonya nggak keluar. Dulu teknik yang saya tahu, nggak ada yang membolehkan misonya mendidih, jadi setelah misonya dilarutkan ke air kaldu, dimasak dan sebelum mendidih sudah diangkat dan disajikan.

Yup! Without dashi it is!

Makanya waktu nonton Osen episode 2 ini saya takjub, ternyata ada metode masak lain yang sangat menarik. Pas dijajal juga rasanya enak, lumayan menguntungkan juga untuk yang nggak punya dashi (kaldu ikan) karena masaknya hanya perlu pakai miso thok. Untuk yang suka coba-coba, silakan praktekkan, menurut saya rasanya sih enak :D

MISO SOUP WITHOUT DASHI
(Burnt-by-Pot Miso Soup)
By : Osen

Bahan versi saya (untuk 2 porsi) :
2 mangkok kecil air (pakai mangkok saji untuk menakar airnya)
2 sdm miso (boleh dilebihin kalau suka yang lebih pekat)
1 batang daun bawang

Caranya begini nih :

1. Panaskan panci yang agak besar, kalau bisa yang dasarnya agak lebar. Pakai api besar ya supaya pancinya benar-benar puanaas.


2. Di panci lain yang berisi air, larutkan miso. Lebih baik membuatnya jangan untuk porsi yang terlalu besar supaya rasanya bisa optimal.

Kalau Osen, misonya dilarutkan dengan saringan supaya tidak ada ampasnya.

3. Di panci yang berisi larutan miso itu, serut batang daun bawang seperti menyerut pensil.


4. Setelah itu, tuang larutan miso ke panci kosong yang sudah dipanaskan.




 5. Tidak perlu takut misonya gosong, karena memang itulah metodenya untuk menghasilkan aroma sup yang enak. Goyang-goyangkan pancinya supaya sup misonya terkena permukaan panci panas secara merata.


 6. Matikan api, tuang ke mangkok dan hidangkan.




 Kalau di dramanya sih, mereka bilang metode ini nggak bisa dipraktekkan dengan miso instan. Harus dengan miso homemade.


Tapi kemarin saya praktek dengan miso instan produk Korea dan rasanya oke-oke saja menurut saya. Rasanya memang agak pekat, jadi sepertinya tidak cocok untuk dimakan dalam jumlah banyak, sedikit saja untuk teman semangkok nasi.

Sup miso yang saya buat, ditambah potongan tahu.
Bagus untuk diet sepertinya, karena makan sedikit aja sudah cukup kenyang. Hehehe.. selamat mencoba yaa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Brownies Kukus Coklat Pisang

Furikake Daun Lobak

Spaghetti Bolognaise Om Bara