How to Fold Pangsit

Jadi ceritanya kemarin ini saya pengeeeeen banget makan siomay, tapi pengennya siomay yang spesifik rasa homemade. Akhirnya saya praktekkan juga siomaynya, beli kulit siomay yang siap pakai, bahan-bahan, dan praktek deh.

Ternyata membuat siomay itu tricky banget, bentuknya jadi nggak karuan, tapi rasanya enak. Cuma memang agak padat, dan saya nggak berhasil membuat bentuknya berdiri kokoh. Malah sampai memanfaatkan cetakan bolu segala supaya bentuknya cantik.. hiks. Akhir cerita, siomay saya tidak layak tayang.. hehehe dan saya jadi patah semangat.

Kulit siomay yang saya beli jadi sisa banyak, begitu juga dengan bahan isi siomaynya. Yah, tanpa basa-basi saya sulap aja semuanya jadi pangsit. Hehehehe.. ujung-ujungnya malah enakan jadi pangsit daripada siomay. Meski kuahnya ala kadarnya.

PANGSIT (aslinya SIOMAY AYAM UDANG)
resepnya nyontek dari Bu Citra, Radissa Cake

Bahan:
300gram daging ayam cincang (punya saya disubstitusi dengan daging babai giling.. hehe)
200 gram daging udang cincang
2 sdm minyak goreng
150 gram tepung sagu tani
2 butir telur ayam
1 sdm bawang putih cincang.
wortel cincang untuk taburan atas

Bumbu:
2 sdm kecap asin
1 sdm minyak wijen
2 sdt lada
2 sdt garam

Method :
1. Aduk bahan- bahan dan bumbu menjadi satu.
2. Isikan pada kulit pangsit (saya pakai kulit siomay, teksturnya lebih tipis jadi lebih enak)
3. Untuk merebus pangsit : panaskan air agak banyak, setelah mendidih masukkan pangsit, rebus sampai pangsit mengambang, angkat.
4. Untuk kuahnya : saya memakai kaldu instan, lebih bagus lagi kalau memakai air hasil rebusan tulang ayam, beri garam+kaldu sedikit saja. Jangan terlalu gurih karena isian pangsitnya sudah ada rasanya.

Kebetulan kemarin saya sempet mengambil foto step by step cara melipat pangsit model kapal, saya coba share ya, siapa tahu berguna :D

1. Ambil selembar kulit pangsit / siomay. Letakkan di tangan dengan posisi miring seperti belah ketupat.


2. Ambil isian pangsit sebanyak 1 sendok teh atau sesuai selera. Letakkan di tengah kulit pangsit / siomay.


3. Lipat dan pertemukan ujung atas dan bawah pangsit supaya membentuk segitiga.


4. Beri air di ujung-ujung pangsit untuk merekatkan kulit pangsit / siomay supaya tidak terbuka saat direbus. Kemudian beri sedikit air di permukaan ujung kiri atau kanan untuk merekatkan kedua ujung jadi satu.


5. Pertemukan ujung kiri dan ujung kanan dengan membalik salah satunya. Jadi bagian belakang ujung kiri yang bertemu dengan bagian depan ujung yang kanan. Hal ini supaya setelah direbus, bentuknya bisa cantik dan meyerupai kapal :D



 6. Tadaaa! Inilah hasil akhirnya setelah direbus, maaf ya fotonya ala kadarnya. Sudah keburu lapar dan terkuras energinya. Hehehe..


Terima kasih sudah berkunjung :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Brownies Kukus Coklat Pisang

Furikake Daun Lobak

Spaghetti Bolognaise Om Bara