Cari Posting Lainnya

Memuat...

Minggu, 21 Oktober 2012

Spicy Coca Cola Chicken Wing

Meskipun masak nggak ada hubungannya sama komputer, ternyata stres juga lho begitu komputer di rumah rusak. Belum lagi tegangan listrik yang suka turun naik, bikin senewen. Sekalinya tegangan listrik turun, langsung deh kompi dangdutan, sebentar nyala, gak lama mati. Terpaksa dimatiin, jadinya nggak bisa ngapa-ngapain.. hiks. Makanya sebel banget dokumentasi Lebaran kemarin jadi tertunda jauh. Sampai il-feel ngerjainnya, soalnya udah lewat banget momennya. Padahal Lebaran kali ini lumayan juga lho pesanannya Eggknock. Lengkapnya bisa diintip di sini ya.

Sekarang, mau update resep dulu deh. Sebenarnya ini udah lama banget dijajalnya, tapi karena dulu nggak sempet foto-foto, jadinya nggak bisa dimasukin ke blog. Nah, kemaren ini kebetulan lagi pengen makan spicy wing, akhirnya bikin lagi dan jadi bisa difoto lagi. Hehehe..


Resepnya benar-benar sedap, kalau kata orang bule, ini finger-lickin' good! Dulu saya dapat resepnya dari milis, yang punya resep sebenarnya Mbak Vita, tapi saya malah nggak pernah main ke blog-nya. Pemakaian coca cola sepertinya bikin ayamnya jadi empuk dan kalau menurut Mbak Vita, jadi bikin sensasi karamel di sausnya.


Begitu udah nyoba resep ini, dijamin deh nggak bakal beli spicy wing frozen lagi. Pasti maunya bikin sendiri aja soalnya rasanya jauuuuh lebih enak dan gampang banget bikinnya.

Spicy Coca Cola Chicken Wing


Bahan A :
10 potong sayap ayam
1 sdm air jeruk nipis

Bahan B : 

2 siung bawang putih, parut (*saya dijadiin satu dengan jahe, terus diblender)
1 cm jahe, parut.
1/2 sdm minyak wijen
2 sdm kecap asin
1 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
2 sdm madu
3 sdm saus tomat
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica
200 ml coca cola

Cara Membuat : 

1. Cuci sayap ayam, lumuri dengan air jeruk nipis, bilas kembali.
2. Campur sayap ayam dengan bahan B, masak dengan dengan api kecil sampai bumbu meresap dan airnya habis sambil sesekali diaduk.
Apinya jangan terlalu besar ya, nanti hasilnya kurang enak.

Bumbunya mulai meng-karamel. Yummm!
3. Untuk mendapatkan permukaan yang garing, sayap ayam yang sudah matang bisa dipanggang sebentar pakai oven, atau dipanaskan dengan api kecil di atas teflon.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar