Jamie Oliver's Banoffee Pie

Cheeky! Mentang-mentang kemarin liburan, pengennya makan enak tapi males masaknya. By the way, ini postingan pertama di 2013, happy new year! Hehehe.. semoga 2013 bisa jadi tahun yang baik untuk kita semua.

Jadi ceritanya tahun baru kemarin ini saya puas-puasin liburan, setelah puas nerima berkat Natal, di tahun barunya, saya niat banget mau perbaikan gizi dan makan enak. Tadinya ide udah bertaburan, mulai dari Bibimbap, Samgyupsal, Oden, pokoknya semua yang belum sempet dijajal deh. Nggak tahunya pas malam tahun baru malah didaulat jadi sous chef di rumah nyokap, tapi jadi kesampean makan shabu-shabu.. hehehe.

Salah satu menu simple : cream soup instan, sebagian airnya diganti susu evaporated dan ditambahi sosis+jagung.

Yang berhasil saya eksekusi selama liburan ada beberapa, dan semuanya resep simpel, kalo yang terlalu rumit rasanya capek duluan baca resepnya. Yang penting rasanya enak!
Saya pertama kali dengar soal Banoffee Pie ini pas lagi nonton Jamie Oliver's 30 Minute Meal. Wuih, intimidating banget karena bikinnya super gampang, dan lagi kalo ada nama besar Jamie Oliver sih, saya tutup mata deh, pasti hasilnya enak.

Banoffee pie yang dipanggang dengan piring, malah lebih enak!

Kebetulan banget waktu itu Mr. Buncit beli pisang kebanyakan (1 tandan lho!), dan ada beberapa sisir yang saya biarkan matang sematang-matangnya untuk ujicoba resep. Kebetulan lagi, waktu mengerjakan orderan Natal kemarin, ada sisa kulit pie. Kalau udah begini, rasanya takdir banget deh untuk jajal resep :D

Harusnya ada foto per slice-nya nihh. Lupa foto, tahu-tahu pie-nya habis :(

Akhirnya dipraktekin deh resepnya Mas Jamie, bedanya kalo punya saya, kulit pie-nya dipanggang dulu sampai matang. Saya buat 2 resep, dapat 1 loyang pie dan 2 pie dalam bentuk piring kue (sama piringnya dipanggang sekalian), semua orang yang saya kasih pie-nya bilang enaaak. Soalnya wangi pisang banget, ditambah krim yang diberi sedikit sirup kopi (ini juga sisa dari Black Cake).

Sesudah ditambahi krim kocok, makin mantap. Sayang ngaduknya terlalu semangat, jadi nggak ada motifnya.

Semuanya berbaur dengan sangat mantap! Pisang yang dimasak dengan karamel, kulit pie yang asin, krim kocok lembut dengan sentuhan rasa kopi, yang kurang cuma serutan coklat. Tapi itu aja udah enak banget. Kalau nggak percaya, silakan coba sendiri :D

BANOFFEE PIE
Saya dapat resepnya dari sini
Video dari Jamie's 30 Minute Meal-nya sudah nggak ada, tapi ada video Banoffee Pie-nya di sini


Bahan :
1 buah kulit pie siap pakai *atau lihat resep kulit pie di bawah
2 buah pisang *saya pakai 6 buah pisang lampung yang ukuran kecil
100 ml susu cair
4 sdm gula kastor
300 ml whipping cream
1 sdm sirup kopi
2 buah pisang untuk topping
100 gr Dark Cooking Chocolate

Method :
1. Blender pisang dan susu sampai tercampur rata dan halus. *kalau nggak suka yang teksturnya terlalu smooth, bisa juga diblender-nya hanya sebentar, asal tercampur saja.
2. Dengan panci (kalau bisa yang anti lengket) yang agak besar, lelehkan gula di atas api besar. Jangan diaduk, cukup digoyang-goyang sampai gulanya meleleh dan warnanya berubah jadi coklat karamel.
3. Tuang campuran susu dan pisang ke lelehan gula, aduk-aduk sampai tercampur rata. *Hati-hati ya, soalnya gulanya panas banget. Jauhkan pancinya supaya nggak terkena cipratan. Dan pastikan semuanya tercampur rata. Punya saya kemarin, gulanya sempat ada yang menggumpal jadi karamel begitu terkena susunya.
4. Tuang ke kulit pie dan diamkan sampai bisa dimasukkan ke freezer. Kalau nggak sabar mau nyicip, masukkan ke dalam freezer selama 20 menit. Kalau untuk disimpan, taruh aja di kulkas bawah selama 30 menit.


Penyelesaian :
- Kocok whip cream sampai kaku. Sesudah kaku, kucuri dengan 1-2 sendok makan sirup kopi, aduk asal supaya membentuk motif marmer.
- Iris-iris pisang, susun di atas pie yang sudah dingin. Tambahkan whip cream kocok.
- Kalau mau lebih lengkap, tambahkan serutan coklat di atasnya dan sajikan.

Resep Kulit Pie ala Eggknock
Bahan (untuk 1 loyang pie diameter 17 cm) :
1 butir kuning telur rebus
25 gr mentega
100 gr margarin
175 gr terigu serbaguna
Boleh juga ditambahkan 1/2 sdt essens vanili

Method :
1. Hancurkan kuning telur rebus dengan menggunakan garpu sampai jadi butiran halus.
2. Masukkan mentega dan margarin, tekan-tekan dengan menggunakan garpu sampai semua tercampur rata.
3. Masukkan tepung terigu (dan vanili kalau pakai), tekan-tekan lagi sambil diaduk sampai semua tercampur rata dan jadi adonan yang solid.
4. Gilas adonan dan cetak ke loyang pie sambil ditekan-tekan supaya adonan menempel di loyang.
5. Tusuk-tusuk bagian dasarnya dengan menggunakan garpu. Panggang dengan suhu 160-175 derajat celcius sampai matang (kalau saya suka yang garing, jadi biasanya dipanggang sampai agak kecoklatan).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Brownies Kukus Coklat Pisang

Furikake Daun Lobak

Spaghetti Bolognaise Om Bara