Puffy Pao De Queijo

Jujur, waktu pertama kali lihat orang-orang ramai membahas si Pao ini di milis NCC, saya nggak tertarik. Bahkan resepnya pun nggak saya catat.

Baru setelah saya nonton video dari Cooking With Dog, saya baru tahu kalau ini resep yang simpel dan ajaib. Karena dengan cara pembuatan yang sangat simpel, bisa menghasilkan kue yang kelihatan rumit.



Jadi pada dasarnya Pao De Queijo ini bahasa keren dari Cireng Keju.. hehehe. Rasanya persis banget sama Cireng, kulit luarnya garing dan dalamnya kenyal. Cuma beda tekstur sedikit aja, dan yang ini ada sentuhan kejunya :D
Fotonya pas udah gelap nih, jadi kurang maksimal cahayanya.

Kalau dengar cerita teman saya, si Pao ini disajikan di resto Brazil sebagai roti pendamping makanan utama. Jadi mirip lah dengan di resto Italia yang selalu menyajikan potongan roti sebagai makanan pendamping dan selalu di-reload kalau sudah habis.

Asal ovennya cukup panas, pasti hasilnya bulat cantik.
Kalau fungsinya sebagai cemilan seperti saya kemarin, mungkin akan lebih enak kalau di adonannya ditambahkan daun seledri, atau mungkin thyme, rosemary, atau daun bawang (?). Oh iya, jangan lupa makannya harus hangat-hangat ya. Sebegitu matang, sebaiknya segera dimakan dan dihabiskan. Karena saya sempat bikin terlalu banyak kemarin ini, begitu dingin, teksturnya berubah. Dan nggak akan seenak yang baru matang, meski dipanggang kembali. Jadi pastikan untuk membuat secukupnya.

PAO DE QUEIJO
sumber: member milis NCC - Mba Ade


Bahan:
220 gr tepung sagu
186 gr susu cair
70 gr mentega
95 gr keju parmesan, parut
2 butir telur
3 gr garam (saya skip)

Cara Membuat:
1. Didihkan susu, mentega dan garam.
2. Masukkan tepung sagu, aduk sampai tidak lengket lagi. 

3. Pindahkan adonan ke dalam mangkok kocok. Tunggu dingin sebentar. (Kalau saya, waktu memasak adonan 1 memakai wadah stainless jadi bisa langsung digunakan sebagai wadah kocok)
4. Kocok dengan mixer. Masukkan telur dan keju parmesan sedikit-sedikit sampai adonan tercampur rata. (Konsistensi adonan lebih kental dari adonan kue sus, dan lengket).
5. Bentuk diatas loyang dengan plastik segitiga atau bulatkan dengan tangan yang sudah dilumuri sedikit mentega. (Tenang aja, meski bentuknya nggak bulat sempurna, begitu mateng nanti pasti jadi bulat)
6. Panggang dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang mengembang dan kecoklatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Brownies Kukus Coklat Pisang

Furikake Daun Lobak

Spaghetti Bolognaise Om Bara